REKAYASA DAN KEWIRAUSAHAAN PEMBANGKIT LISTRIK SEDERHANA

Kamis, 11 September 2014

WIRAUSAHA di BIDANG REKAYASA PEMBANGKIT LISTRIK SEDERHANA


Pemetaan dan pemanfaatan peluang usaha sangat dibutuhkan dalam membangun suatu wirusaha. Pemetaan ditujukan untuk menemukan peluang dan potensi usaha yang dapat dimanfaatkan serta untuk mengetahui besarnya potensi dan berapa lama usaha itu bertahan. Pemetaan didasarkan pada sektor unggulan daerah.

Terdapat beberapa peluang usaha yang bisa dimanfaatkan secara kreatif dan mampu menghasilka nilai tambah, antara lain :
1.    Memanfaatkan barang bekas.
2.    Memanfaatkan barang yang tersedia oleh alam
3.    Memanfaaatan kejadian atau peristiwa yang ada di sekitar

Indonesia memiliki potensi alam berupa sinar matahari dan potensi angin di daearah pantai yang memungkinkan untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (panel surya) dan pembangkit listrik tenaga angin (kincir angin) untuk dimanfaatkan pada proses elektrolis air guna memproduksi gas H2 yg dapat dipakai dalam fuel cell. Fuel cell adalah bahan bakar baru yang aman dan sangat ramah lingkungan.


Lahan Pertanian yang luas dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar  fuel cell. Tanaman seperti jagung, singkong, tebu, nira, sagu, sorgum, kayu yang mengandung selulosa. Perencanaan yang baik dalam upaya melakukan budidaya dengan menjaga kelestarian lingkungan dalam jangka panjang akan dapat memberikan dukungan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar