REKAYASA DAN KEWIRAUSAHAAN PEMBANGKIT LISTRIK SEDERHANA

Rabu, 10 September 2014

PEMBANGKIT LISTRIK


Pembangkit Tenaga Listrik adalah salah satu bagian dari sistem tenaga listrik, pada Pembangkit Tenaga Listrik terdapat peralatan elektrikal, mekanikal, dan bangunan kerja. Beberapa jenis pembangkit listrik :

          1.Pembangkit Listrik Tenaga Udara


Pembangkit listrik tenaga udara mengubah energi udara yang ada menjadi energi listrik dengan memakai turbin atau kincir angin. Energi angin yang ada dipakai untuk memutar generator di bagian belakang kincir angin agar menjadi energi listrik. Energi listrik yang terkumpul akan disimpan terlebih dahulu di battery sebelum dipakai menjadi pembangkit listrik tenaga.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Air


Manfaat air untuk kehidupan tidak hanya untuk kesehatan, namun berguna sebagai pembangkit listrik tenaga air. Mekanisme kerjanya dengan energi mekanis air yang dirubah menjadi energi listrik. Kebanyakan orang hanya mengetahui pembangkit listrik tenaga air ini bergantung dengan air yang terdapat di waduk dan air terjun. Namun kenyataannya, ombak pun bisa menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air.3

3. Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan photovoltaic dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Photovoltaic mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar