REKAYASA DAN KEWIRAUSAHAAN PEMBANGKIT LISTRIK SEDERHANA

Kamis, 11 September 2014

PENGEMASAN PRODUK REKAYASA PEMBANGKIT LISTRIK SEDERHANA ENERGI ANGIN

Dalam usaha  mendapatkan energi alternatif terbaru, angin menjadi salah satu pilihan untuk dikonvesi menjadi energi listrik. Sudah cukup banyak usaha yang dilakukan dengan berbagai sistemnya sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing. Pembangkit listrik tenaga angin ini disebut juga sebagai PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu)

Pengemasan energi listrik yang dibangkitkan oleh PLTB menggunakan aki / baterai. sistem ini membutuhkan kontrol elektronik untuk mengubah tegangan AC menjadi DC untuk dapat d simpan ke dalam baterai. 

Berikut skema rangkaian pembangkit listrik tenaga angin secara skala kecil untuk rumahan :

Keterangan :
1. Turbin Angin    
Bagian ini merupakan komponen utama utuk mendapatkan semaksimal mungkin hembusan angin.Bagian ini merupakan bagian paling sulit dibangun jika anda berniat membangunnya sendiri. Eksperimen terus menerus dengan sabar sehingga didapatkan kesesuaian antara kekuatan hembusan angin, ukuran baling-baling dan kemampuan generator.
2. Unit pengontrol (Controller).
Bagian ini berfungsi mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC (jika menggunakan generator AC) dan mengontrol pengisian arus listrik ke dalam battery agar tidak merusak battery karena pengisisan aki yang berlebihan (over charging).
3. Battery (aki).
  Bagian ini akan menyimpan arus listrik yang dihasilkan generator listrik agar bisa digunakan setiap saat. Jenis aki yang digunakan sebaiknya jenis Deep Cycle Battery.
4. Inverter.
  Bagian ini berfungsi mengubah tegangan listrik DC 12V dari aki menjadi tegangan listrik AC 220V / 110V untuk perlatan rumah tangga yang bekerja pada tegangan 220V / 110V.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar